Cerita Rakyat – Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia terkenal sekali akan cerita rakyat, legenda, dan semacamnya. Seperti lengenda-lengenda yang kerap kali kita dengar dan bahkan sampai dijadikan sebuah acara televisi Nasionl. Tau Kan!

PengertianCerita Rakyat Nusantara


Nah, pada kesempatan kali ini alihamdan akan berbagi ilmu pengetahuan mengenai pengertian cerita rakyat, legenda, folklore, dongeng, dan sebagainya. Tak lupa juga dengan kumpulan cerita rakyat nusantara yang sering kita dengar maupun yang jarang sekali kita ketahui.

Pengertian Cerita Rakyat

Cerita Rakyat
Cerita rakyat merupakan sebuah cerita yang asalnya dari masyarakat dan berkembangnya pun juga di masyarakat.  Cerita rakyat berkembang secara turun-temurun dan disampaikan secara lisan, sehingga kerap disebut sebagai sastra lisan. Biasanya cerita rakyat itu bersifat anonimitas (identitas pengarang tidak diketahui).

Ciri-ciri Cerita Rakyat
Setidaknya terdapat 9 ciri utama cerita rakyat antara lain:


  1. Bersifat tradisional
  2. Disampaikan secara lisan
  3. Hasil karya nilai-nilai luhur
  4. Berkembang dari mulut ke mulut
  5. Terdapat banyak versi dan variasi
  6. Disampaikan secara turun-temurun
  7. Bersifat anonimitas
  8. Tidak diketahui siapa yang membuatnya
  9. Mempunyai bentuk klise dalam susunan atau cara pengungkapannya


Jenis-jenis Cerita Rakyat
Terdapat 4 jenis cerita rakyat antara lain cerita binatang, legenda (asal-usul), cerita pelipur lara, dan cerita jenaka.

Cerita Binatang
Cerita binatang atau biasa disebut dengan fabel adalah sebuah cerita yang para tokohnya berupa binatang dengan peran layaknya manusia, seperti bisa berbicara, makan, minum, dan bekeluarga.

Karena itu fabel tidak semata-mata hanya sebagai cerita seekor binatang saja, melainkan sebagai metamorphosis bagi kehidupan manusia. Cerita yang digambarkan melalui binatang ini bertujuan agar tidak menyinggung para pelaku dan orang yang mendengarnya.

Asal-usul (Legenda)
Pengertian legenda adalah sebuah cerita prosa rakyat yang dianggap oleh orang yang mempunyai cerita benar-benar terjadi. Berbeda dengan fabel, cerita asal-usul ini terbagi menjadi 3 jenis antara lain:


  1. Cerita asal-usul binatang
  2. Cerita asal-usul terjadinya suatu tempat
  3. Cerita asal-usul dunia tumbuh-tumbuhan
  4. Cerita Pelipur Lara

Cerita jenis ini merupakan cerita yang berfungsi sebagai penghibur hati, oleh karena itu dinamakan cerita pelipur hati. Dalam kisah ini akan dikisahkan mengenai hal yang indah-indah, penuh fantasi, dan impian yang sangat menawan.

Seperti contoh misalnya tentang sebuah kehidupan istana, kehebatan senjata keramat, keajaiban-keajaiban, dan hal-hal lain yang menggambarkan sebuah keindahan serta menimbulkan kebahagiaan.

Cerita Jenaka
Cerita jenaka adalah bagian cerita rakyat yang unsurnya bersifat jenaka atau lucu yang dapat menimbulkan tawa. Kebanyakan cerita ini didasarkan pada kehidupan sehari-hari masyarakat.

Alurnya langsung bersifat terhadap kelakuan si pelaku. Contoh cerita jenaka yang sangat populer di telinga masyarakat Indonesia yaitu seperti Pak Banjir, Lebai Malang, dan Si Kabayan.

Komentar

Komentar kotor, menyinggung dan mengandung karakter yang tidak diperkenankan oleh admin akan di hapus dari Blog, Terimakasih!